Thursday, December 28, 2017

Cara Praktis & Mudah Untuk Cepat Tidur

Cara Praktis & Mudah Untuk Cepat Tidur

Dalam satu hari, idealnya sepertiga waktu kita dihabiskan untuk tidur. Tapi jika Anda merasa sulit untuk tidur, berikut adalah beberapa cara cepat untuk tidur yang bisa diterapkan.

Saat berusia 18-64 tahun, tubuh kita butuh istirahat minimal 7-9 jam sehari. Jam durasi tidur bisa dikurangi begitu kita mencapai usia 65 tahun atau lebih sampai 7-8 jam sehari. Meski hanya terlihat diam dan tidak terlibat dalam aktivitas apapun, nyatanya tidur berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh kita sepanjang hari.

Saat kita tidur, otak sudah bersiap untuk bekerja lagi keesokan harinya. Dengan demikian, kita bisa berpikir, belajar, bekerja, dan memproses informasi dengan lebih baik. Tidur juga bisa memperbaiki dan menyembuhkan jantung dan pembuluh darah kita, menjaga keseimbangan hormon, mempengaruhi tubuh bereaksi terhadap hormon insulin, mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh, membantu memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, serta mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. .

Sayangnya, terkadang ada beberapa hal yang membuat kita tidak bisa tidur selama 7-9 jam sehari. Mulai dari kondisi kewaspadaan dan insomnia biasa, hingga banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Nah, jika Anda merasa sulit untuk tertidur, berikut beberapa cara tidur yang cepat bisa dipraktekkan.

Tidur di Jam Sama Setiap Malam


Usahakan tidur dan bangun selalu pada jam yang sama setiap malam dan pagi. Ini akan membuat otak dan jam tubuh kita terbiasa tidur dan bangun pada jam yang sama.

Matikan Gadget atau Peralatan Elektronik


Seberapa cepat tidur selanjutnya mematikan semua peralatan listrik Anda, termasuk ponsel dan tablet, sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Dan jika Anda bangun di malam hari, tahan godaan untuk menyalakan dan main gadget. Lampu yang dipancarkan oleh perangkat elektronik bisa mengurangi produksi hormon melatonin tidur. Dampaknya, kita menjadi terganggu tidur.

Jangan Konsumsi Makanan atau Minuman Sebelum Tidur


Mengonsumsi makanan berlemak tinggi atau makanan yang membuat Anda alergi bisa memicu peradangan. Akibatnya, tubuh kita akan bekerja ekstra keras dan membuat kita susah tidur. Seberapa cepat ranjang lainnya adalah jangan minum alkohol sebelum tidur.

Mandi air hangat


Salah satu cara cepat tidur paling efektif dengan mandi air hangat (sekitar 37 derajat celcius) di malam hari. Dari pancuran, tubuh Anda akan merasa rileks untuk bisa membantu kita tidur nyenyak dan nyenyak.

Masukkan dan buang napas perlahan


Tahukah Anda apakah pernapasan perlahan dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung secara bersamaan, sekaligus membuat keseluruhan sistem tubuh rileks? Dan katanya, bernapas santai bisa menjadi salah satu cara cepat untuk tidur. Caranya, duduklah dengan punggung tegak lurus. Kemudian tutup mulut Anda dan tekan lidah Anda ke langit-langit yang berada tepat di belakang gigi depan. Setelah itu, tarik napas melalui hidung selama hitungan empat, tahan napas selama tujuh hitungan, dan hembuskan napas perlahan melalui mulut Anda selama hitungan delapan. Biarkan nafas keluar melalui rongga di sisi lidah. Ulangi pola ini empat kali.

Makan Karbohidrat


Mengonsumsi karbohidrat, terutama empat jam sebelum tidur diperkirakan membuat kita tertidur lebih cepat. Para peneliti berspekulasi jika karbohidrat mampu meningkatkan kadar hormon triptofan dan serotonin yang membuat kita mengantuk. Namun, penelitian dan bukti lebih lanjut diperlukan untuk mendukung penelitian ini.

Jika berbagai cara cepat tidur di atas Anda sudah berlatih tapi tidak ada yang berhasil, jangan ragu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan mitigasi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon