Saturday, December 19, 2015

Tutorial Membuat PC Menjadi Hotspot Tanpa Software

PC menjadi hotspot
Gelap Terang - Assalamu'alaikum pembaca bestpoin, kali ini kita akan membahas cara membuat PC menjadi hotspot dengan menggunakan CMD. Posting ini saya buat karena permintaan dari teman-teman saya.

Ceritanya diasrama saya tinggal terdapat fasilitas wifi LAN, dan sayangnya kabel LAN nya cuma disediain 6. Pihak pengasuh sengaja tidak menghidupkan wifi untuk mencegah kami tidak terlalu kecanduan dengan yang namanya browsing. ( Maklum kita sebagai mahasiswa masih susah di atur :D ). Berhubung penghuni asrama sekitar 40 orang, jadi mereka mencari cara untuk bisa membagi wifi dengan laptop supaya tidak terjadi yang namanya memperebutkan KABEL LAN :D

Singkat cerita banyak tutorial yang admin dapatkan. Salah satunya dengan cara menggunakan aplikasi pembantu. Namun admin sendiri kurang menyukai tutorial yang menggunakan aplikasi. Makanya tutorial yang dibagikan disini tanpa menggunakan aplikasi. Cuma dibutuhkan CMD yang sudah tentu tersedia di semua OS Window.

Para kawan-kawan yang ingin belajar membuat PC menjadi hotspot tanpa ribet cari software, ikutilah tutorial di bawah :

Note : menggunakan OS window 7 / lebih tinggi.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Bukan CMD ( Command Prompt ) ADMIN
Untuk OS Win 7 bisa dicari di START
Untuk OS Win 8 dan yang lebih tinggi : Tekan Win + X dikeyboard, dan pilih Command Prompt (Admin). Lihat digambar dibawah.

CMD Admin

2. Lalu ketikkan tulisan di bawah ini pada cmd, lalu enter.

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspotanda key=password8huruf

Pada tulisan warna merah terserah anda ganti dengan nama hotspot dan password anda ( passwordnya minimal harus 8 karakter ) dan tekan enter.

3. Lalu untuk menghidupkan hotspot anda harus mengetikkan kalimat di bawah ini pada CMD (tidak mesti di CMD Admin ). 

netsh wlan start hostednetwork
    Untuk mematikan hotspot anda, ketik kalimat ini netsh wlan stop hostednetwork
      Biasanya setelah dinyalakan hotspot wifinya untuk pertama kali akan muncul no network access, agar menjadi internet access anda harus mengikuti cara di bawah ini.

      1. Buka Network and Sharing Center, dengan cara mengklik kanan pada ikon network (seperti pada gambar).

      klik kanan


      2. Lalu klik pada koneksi yang memiliki sambungan ke internet ( ikuti sesuai petunjuk seperti    digambar )

      klik kanan


      3. Klik Properties.


      4. Lalu pindah ke tab Sharing, dan centang Allow other network users to connect through this computer's Internet connection, lalu isi Home networking connection dengan nama koneksi Hotspot yang kita buat tadi. Lalu klik OK.

      hotspot

      Nah sekarang hotspot sudah bisa dipakai untuk internetan.
      Note : Setiap PCnya dimatiin, otomatis hotspotnya juga mati. Untuk menghidupkannya lagi ketik di CMD netsh wlan start hostednetwork.
      Lumayan ribet sih ( bila udah dilakukan 2 - 3 x akan terasa seperti hal sepele ) bila dibandingkan dengan menggunakan software. Tapi dengan cara menggunakan CMD kita bisa menggunakannya di PC mana saja tanpa harus mencari softwarenya. Sekian tutorial membuat PC menjadi Hotspot semoga bermamfaat :)

      Gambar dan tutorialnya admin dapatkan di > https://rh-comp.blogspot.co.id/2015/04/cara-membuat-komputer-menjadi-hotspot.html

      Artikel Terkait


      EmoticonEmoticon