Friday, October 30, 2015

Bagaimana menjadi Profesional di Bidang Keamanan Komputer

menjadi ahli di bidang keamanan komputer

Gelap Terang - Hello Friends, banyak teman yg bertanya IT Security itu apa sih dan cara menjadi profesional IT Security itu bagaimana ? Saya bingung mau jawab bagaimana :D karena saya aja masih newbie tingkat rendah. Saya pun mencari jawaban yang paling tepat bagaimana menjadi Profesional IT Security. Untuk menjelaskan bagaimana menjadi Profesioanl IT Security pahamilah percakapan ( antara Master & newbie ) dibawah :

Note : Percakapan ini di dapatkan dari salah satu buku yang admin baca.

N : Tolong jelaskan apa Itu CyberSecurity / ITSecurity ?
X : CyberSecurity adalah seseorang yang tertarik untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu system, komputer & jaringan komputer.

N : Bagaimana cara mudah untuk menjadi CyberSecurity ?
X : Kamu harus terus belajar :D !!

N : Apa yang harus saya pelajari ?
X : Networking (jaringan), Programing, Sistem Operasi & Internet.

N : Wow, apa gak terlalu banyak tuh ?
X : Tidak, Semua itu tidak harus kamu kuasai dalam waktu cepat, basicnya yang penting. Ingat semua itu perlu proses!

N : Networking saya mulai dari mana ?
X : Pengetahuan dasar jaringan ( konsep TCP/IP) , komponen dasar jaringan, topologi jaringan dsb.

N: Untuk programing ?
X : Mungkin yang terpenting adalah ‘logika’ pemrograman , jadi lebih kearah pemanfaatan logika.

N : Kalau begitu bahasa pemrograman apa yang harus saya pelajari awalnya ?
X : Bahasa Pemrograman apapun sebenarnya sama baik, tetapi ada baiknya utamakan belajar bahasa seperti C , Perl , Phyton, Pascal dan C++ dulu.

N : Apakah matematika saya harus bagus untuk menjadi CyberSecurity ?
X : Tidak. Meskipun Anda perlu dapat berpikir logis dan mengikuti rantai pemikiran eksak, ha**ing hanya menggunakan sedikit sekali matematika formal atau aritmetika.

N : Bahasa pemrograman web apa yang sebaiknya dipelajari untuk pemula ?
X : Mungkin kamu bisa mencoba HTML ( sering-seringlah edit template blog :D ), dilanjutkan ke PHP yang akan membuat kamu lebih familiar ke dunia programing.

N: Apakah sistem operasi perlu dipelajari ?
X : Perlu, karena penguasaan terhadap suatu operating system adalah sangat berguna.

N : Sebaiknya, Operating system apa yang saya perdalami?
X : Mungkin kamu bisa coba linux atau BSD , selain mereka free dukungan komunitas juga sangat banyak sehingga kamu tidak akan di tinggal sendirian jika menemukan masalah, dan pula kemungkinan kamu untuk dapat berkembang sangatlah besar dikarenakan sifat “open source".

N : Untuk pemula seperti saya , OS apa yang harus saya gunakan ?
X : Sebaiknya jika kamu benar benar pemula, kamu bisa gunakan linux karena baik sistem installasinya dan Graphical User Interfacenya lebih memudahkan kamu.

N : Distro apa yang sebaiknya saya gunakan dan mudah untuk pemula ?
X : Kamu bisa memilih distro manapun, saya sih memulainya dengan Backbox.

N : Bagaimana cara install distro linux ?
X : Weeww tralalu pnjang d jlaskan :/, coba arahkan browser kamu ke search engine , terlalu banyak situs yang dapat membantu kamu.

N : Internet , apakah saya harus terkoneksi ke internet?
X : Terkadang itu perlu, tetapi jangan terlalu memaksakan , kamu memang perlu terhubung ke internet untuk mendownload modul, bacaan, update informasi, tetapi jangan jadikan penghalang jika kamu tidak bisa terkoneksi secara periodik, jadilah kreatif.

N : Berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk menjadi profesional ?
X : Masalah waktu itu relatif, tergantung seberapa besar bakat dan usaha Anda. Kebanyakan orang memperoleh keahlian yang cukup dalam delapan belas bulan atau dua tahun, jika mereka berkonsentrasi. Tapi jangan pikir setelah itu selesai, jika Anda CyberSecurity sejati, Anda akan menghabiskan sisa waktu belajar dan menyempurnakan keahlian.

N : Apakah tidak bisa yang Instan, misalnya tinggal gunain tool tertentu ?
X : Eumm, kamu mau jadi CyberSecurity atau cuma pemakai tools ? Kalau menggunakan tools semua orang juga bisa!!

N : Bagaimana cara mendapatkan password account sosial orang lain ?
X : Butuh proses, teruslah belajar.

N : Apakah saya perlu komunitas ?
N : YUPE , komunitas sangat kamu perlukan, apalagi jika kamu memilih untuk berkecimpung di dunia opensource, banyak milis yang bisa kamu ikuti, sebaiknya ikuti milis yang spesifik sesuai dengan yang kamu gunakan.(misal linux, sesuai distro).

Weew lumayan lama ya percakapannya. Pembaca yang sudah membaca sampai disini, berarti 90% memang ada niat menjadi ha**er :D, keep spirit ya mas ;) . Percakapannya masih berlanjut yang tidak terlalu penting untuk di publish. Jadi hari ini cukup disini, Sekian semoga bermamfaat:).

Artikel Terkait

2 comments

Judul Bukunya apa? share dong min..!

Percakapan itu dikutip dari majalah XCode. Untuk download'a bisa di akses pada label Ebook situs ini.


EmoticonEmoticon