Thursday, October 29, 2015

Tutorial Mudah Mengganti Favicon Pada Blogspot

cara mengganti favicon

 Tutorial Mengganti Favicon -  Assalamu'alaikum teman blogger, Postingan kali ini bukan untuk para master blogger ini lebih dikhususkan untuk para Newbie seperti saya :D . Bagi yang belum mengetahui apa itu favicon > Favicon adalah singkatan dari favorite icon yang berarti gambar favorit. Untuk sebagian blogger mengganti faviconnya biar blognya nampak lebih profesional. Juga untuk membuat ciri khas tersendiri untuk blog mereka biar mudah di ingat oleh pembaca.
Bagi anda yang belum paham apa itu favicon dapat melihat contohnya digambar dibawah.

cara mengganti favicon
Contoh Favicon
Contoh Favicon adalah huruf R yang berwarna biru. Sekarang udah paham ken apa itu favicon. Jadi banyak blogger pemula yang ingin mengganti favicon blognya. Namun susah untuk menggantinya karena ada beberapa tutorial yang didapatkan di Mbah Google tidak bekerja. Sama seperti admin saat mulai membuat blog dan tertarik untuk mengganti faviconnya biar lebih nampak profesional :).

Namun dalam proses mengganti favicon bagi saya yang pemula sangat susah. Banyak tutorial-tutorial yang admin dapatkan di Mbah google, namun tidak berhasil setelah dipraktekkan. Setelah mencoba beberapa tutorial, akhirnya admin menemukan cara dibawah, yang bisa dipraktekkan untuk semua jenis template blog.

Oke tanpa panjang lebar lagi, kita akan membahas tutorial mengganti favicon di Blogspot. Memang sih banyak template-template gratis sekarang yang menyediakan ganti favicon langsung di bagian pengaturan tataletak. Tapi ada beberapa template yang tidak menyediakan fitur tersebut.

Bagi blogger yang menggunakan template yang tidak ada fitur mengganti faviconnya di pengaturan tataletak, maka harus masuk ke pengaturan edit HTML untuk mengganti favicon. Tutorial yang admin bagikan dibawah berlaku untuk semua template blogspot. Bagi yang kesulitan mengganti faviconnya dapat langsung mengikuti tutorial dibawah :
  • Login ke Blogger
  • Masuk ke Template kemudian pilih "Edit HTML"
  • letakkan kode dibawah diatas kode </head>
<link href='URL-Image-Anda' rel='shortcut icon'/>
  • Untuk mengisi tulisan yang berwarna merah, cari kumpulan favicon yang anda minati DISINI , bisa juga dengan favicon buatan sendiri.
  • Cara mengambil gambarnya, klik kanan pada favicon yang diinginkan kemudian "Copy Image Location / Copy Image URL".
  • Masukkan alamat icon yang sudah dicopy pada tulisan berwarna merah tadi.
  • Jika sudah simpan template. Selesai :)
Untuk menguji apakah favicon blog anda sudah terganti, cobalah untuk reload blog anda. Jika faviconnya masih belum terganti coba anda lihat browser lain. Tutorial diatas sebenarnya sangatlah mudah. Tinggal dipraktekkan aja. Semoga berhasil :)

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page

1 comments so far

makasih mas (y)


EmoticonEmoticon