Wednesday, December 20, 2017

Tips Ampuh Diet Dengan Air Putih

Tips Ampuh Diet Dengan Air Putih


Lebih tepatnya, mengonsumsi lebih banyak air bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Ada banyak sekali metode diet, tentu saja. Dan yang paling sederhana tentu saja dengan memperhatikan "kalori dalam" dan "kalori keluar" (tubuh harus membakar lebih banyak kalori daripada kalori yang masuk). Leah Kaufman, RD, ahli gizi divisi kontrol berat NYU Langone Medical Center mengungkapkan bahwa berapa banyak seseorang yang mengkonsumsi air putih sehari akan menentukan berapa banyak kalori yang dibakar pada hari kesuksesan.

Sebelum melakukan diet air ini, yang pertama harus tahu sifat dari diet air itu sendiri. Seperti halnya metode diet lainnya, bagaimana diet dengan air itu sendiri bervariasi. Ada benar-benar puasa (tidak makan makanan apapun, hanya minum air sendiri) untuk memastikan bahwa air yang Anda minum memiliki suhu dingin (karena tubuh akan membakar kalori ekstra untuk "menghangatkan" air sehingga memenuhi suhu tubuh kita. ).

Cara lain adalah dengan mengonsumsi dua gelas air putih sebelum makan dan dilanjutkan dengan diet rendah kalori. Apapun variasi diet air, peneliti menemukan bahwa individu yang mempraktikkan diet air putih menurunkan berat badan hingga 2,5 kilogram lebih banyak daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit atau tanpa air.

Perlu diingat bahwa metode diet air ini bekerja paling baik bila dilakukan dalam waktu singkat. Selain itu, diet air paling aman dilakukan bila ditambah dengan diet normal (seperti makanan yang menggabungkan diet atau diet rendah kalori). Minum air putih tanpa makan apapun bisa berbahaya, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi fisik yang tidak begitu baik. Sebelum Anda melakukan diet air, seseorang harus yakin dengan kondisi fisiknya karena metode diet ini tidak dijamin aman untuk semua orang. Bila pada diet air, seseorang lebih rentan terhadap penurunan kadar gula darah (yang terlihat dari awitan gejala seperti pusing dan kelelahan), konstipasi, dehidrasi, dan intoleransi hingga suhu dingin. Jika Anda memiliki masalah kesehatan berkaitan dengan pemeliharaan kadar gula darah normal, metode diet ini mungkin tidak sesuai untuk Anda.

Selain itu, metode diet ini cenderung "yo-yo", yang berarti orang yang melakukan diet ini mungkin mengalami penurunan berat badan yang cepat dan signifikan. Namun ada kemungkinan berat badan kembali cepat juga. Itulah hal-hal yang Anda perlu untuk membuat pertimbangan berikut sebelum membuat diet air, cara - bagaimana akan ditinjau dalam penjelasan berikut.


Langkah demi Langkah Cara Diet dengan Air


Sebelum mempraktikkan metode diet ini (dan metode diet apapun), buatlah tujuan yang realistis. Tidak mungkin menurunkan berat badan sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin, karena bukan cara diet sehat. Pertama timbangkan berat badan Anda sekarang dan ingat untuk selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum melakukan diet apapun. Berikut adalah langkah-langkah diet dengan air yang bisa Anda terapkan:

1. Dapatkan dosis volume air yang tepat


Unit umum yang digunakan untuk mengekspresikan berat di Indonesia adalah kilogram. Pertama-tama, Anda perlu mengubah hasil pengukuran berat badan Anda dalam kilogram menjadi pound. Satu kilogram setara dengan 2,2 kilogram. Jadi, jika berat badan Anda 75, Anda akan mendapatkan £ 165 (75 x 2.2).

Begitu Anda tahu berat badan Anda dalam pound, saya tahu berapa banyak air yang harus Anda konsumsi per hari sangat mudah, yaitu setengah dari berat badan Anda dalam pound yang dinyatakan dalam ons cairan.

Jadi jika berat badan Anda dalam pound adalah 165, maka air yang harus Anda konsumsi per hari adalah 82,5 ons cairan (165: 2). Setelah itu ubah satuan cairan ounce menjadi mililiter. Satu ons cairan setara dengan 30 mililiter. Kemudian, 82,5 ons cairan setara dengan 2475 mililiter (82,5 x 30) atau sekitar 2,5 liter. Dua setengah liter air ini harus Anda minum per hari.

2. Kapan harus minum air putih?


Langkah kedua dari cara dengan diet air adalah memperhatikan frekuensi minum air putih sehari. Jadikan air minum sebagai hal pertama yang Anda lakukan setelah bangun tidur di pagi hari, dan minum dua gelas air 30 menit sebelum makan. Rasa kenyang saat perut Anda terisi air sebelumnya akan membuat Anda tidak makan terlalu banyak.

Bila Anda merasa lapar, minumlah air akan membantu pikiran Anda untuk menentukan apakah Anda benar-benar lapar atau hanya idaman saja. Penelitian yang dilakukan pada 2015 silam dari Universitas Oxford menemukan bahwa orang dewasa yang menderita obesitas, saat mereka minum 500 mililiter air 30 menit sebelum makan, pada akhirnya akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan 11 kilogram lebih. Sebuah jumlah yang bagus fantastis bukan?

Bagaimana cara minum air setelah makan? Banyak yang mengatakan bahwa setelah minum air putih atau saat makan tidak baik untuk kesehatan. Tapi sebenarnya minum air putih setelah makan bisa membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan mencegah sembelit.

Begitu juga dengan air minum setelah berolahraga. Setelah berolahraga, tubuh kita cukup cair meski kita tidak merasa haus (pria baru pasti merasakan saat ia telah kehilangan dua persen berat badan dalam bentuk cairan tubuh). Atlet mengkonsumsi 1,5 sampai 2,5 gelas air lebih banyak dari yang direkomendasikan pada nomor urut 1.


3. Gunakan air kemasan untuk minum


Untuk menunjang bagaimana diet dengan air, sediakan botol air. Jika memungkinkan, gunakan botol air yang memiliki volume dosis di badan botol. Penting untuk memantau berapa banyak cairan yang Anda konsumsi hari itu. Penting juga untuk memilih botol minuman bebas BPA, agar tubuh Anda tidak terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya. Anda bisa memilih sebotol air minum dari bahan apapun (plastik, logam, atau kaca) sesuai kebutuhan. Tapi simpan botol air Anda dengan Anda cukup kuat, tidak mudah tumpah, dan biarkan membawanya kemana saja.

4. Minum air putih setiap 2 jam sekali


Dari penjelasan di langkah sebelumnya, sekarang Anda harus berlatih minum air putih setelah bangun tidur, 30 menit sebelum makan, setelah makan, dan setelah berolahraga. Sekarang lihat botol air Anda. Masih banyak sisa air? Jangan khawatir, Anda bisa meminumnya setiap dua jam sekali. Penting bagi tubuh untuk minum air secara bertahap untuk mencegah kelebihan cairan tubuh.

Menurut Riverside Health System, cara termudah untuk mengetahui berapa jam masing-masing kita harus mengonsumsi cairan adalah dengan melihat warna urine. Idealnya urine berwarna kuning pucat. Jika urin Anda berwarna kuning gelap, ini adalah indikasi kuat bahwa tubuh Anda membutuhkan asupan yang lebih banyak.

5. Lakukan olah raga ringan


Fokus diet air ini adalah menurunkan berat badan, namun olahraga tetap penting karena berperan besar dalam membentuk massa otot (sehingga tubuh tidak terlihat keriput meski menurunkan berat badan) dan membantu membakar kalori.

Bagaimana diet dengan air itu sendiri memang membantu membakar kalori. Ini terbukti dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Endocrinology and Metabolism, yang menunjukkan bahwa minum 500 mililiter air dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme hingga 30 persen. Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa meningkatkan asupan cairan menjadi 1,5 liter sehari akan meningkatkan pembakaran kalori setiap hari dengan 200 kalori.

Jika Anda sudah terbiasa berolahraga secara teratur, tetap usahakan. Jika Anda tidak memiliki kebiasaan berolahraga secara teratur sebelumnya, mulailah dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari. Ingatlah bahwa olahraga hanya jika Anda juga mengkonsumsi makanan lain. Berolahraga bila hanya air tanpa asupan makanan akan menguras metabolisme Anda, yang membuat Anda lebih rentan terhadap masalah penurunan kadar gula darah, yang mungkin berdampak akan berbahaya bagi Anda.

6. Tambahkan rasa ke air Anda


Jangan kaget, tapi orang yang tidak suka mengonsumsi air karena "tidak memiliki rasa" memang ada (mungkin anda salah satunya). Meski demikian, Anda tetap bisa melakukan sesuatu untuk melakukan diet dengan air putih ini lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menambahkan perasa di air Anda.

Anda bisa menggunakan elektrolit effervescent yang rasanya seperti lemon atau raspberry. Elektrolit efervesen memiliki keuntungan ganda: untuk meningkatkan rasa air itu sendiri, dan kandungan mineral dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Hindari menambahkan gula ke air Anda hanya agar air Anda terasa lebih enak.

Tidak hanya gula mengandung diet berkalori tinggi yang membuat Anda menjadi sia-sia, tapi juga bisa menyebabkan fluktuasi gula darah sehingga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes di kemudian hari. Pada akhirnya, tambahkan gula dalam makanan akan membuat Anda benar-benar menambah berat badan.


7. Teh hijau dan air dalam bentuk lain


Kabar baiknya adalah, Anda bisa mengonsumsi air dalam bentuk yang lain dan dengan demikian bagaimana diet dengan air yang Anda praktikkan tidak terlalu membosankan. Alternatif yang bisa Anda coba adalah menambahkan air ke dalam teh hijau. Teh hijau telah lama dikenal sebagai antioksidan alami dan mengandung flavonoid yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Hal yang perlu diingat dalam membuat teh hijau adalah dengan menghindari penambahan gula dalam bentuk apapun.

Selain teh hijau, Anda juga bisa mendapatkan cairan dari konsumsi buah-buahan dengan kadar air tinggi, begitu pula sup. Mengkonsumsi sup sayuran tidak hanya untuk mendapatkan manfaat dalam hal cairan rehidrasi, tapi juga dapatkan vitamin dan mineral yang kaya sayuran ke dalam bahan penyusunnya.

Bagaimana diet dengan air dengan ukuran seperti yang dijelaskan di atas Anda juga bisa barengi dengan diet rendah kalori. Ini karena diet airnya "yo-yo" atau berat badan akan cepat turun tapi juga cepat naik. Bila hanya minum air putih, tubuh cenderung mengambil nutrisi dari otot dan bukan lemak. Itulah mengapa Anda tetap harus didorong untuk berolahraga (untuk mempertahankan massa otot). Makanya Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori, sehingga penurunan berat badan bisa lebih awet. Tertarik untuk mencoba?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon