Tuesday, December 19, 2017

Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit punggung biasanya diderita oleh mereka yang sudah memasuki usia antara 30-50 tahun. Saat tubuh semakin tua, tulang akan lebih rapuh dan mengalami penurunan massa otot. Karena itu, persendian seperti pinggul lebih rentan terhadap luka dan penyakit. Namun selain karena gangguan pada persendian, nyeri punggung juga bisa disebabkan oleh gangguan pada organ di daerah seperti ginjal.

Gejala Nyeri Kiri Belakang


Nyeri punggung bawah tidak terbatas pada persendian tapi juga bisa menyebar hinggi ke bokong, pangkal paha dan belakang paha. Rasa sakitnya akan semakin terasa sakit jika bagiannya tergerak. Terkadang, rasa sakit di bagian pinggang dengan kesemutan atau mati rasa di bokong atau tungkai.
Nyeri punggung bisa menimbulkan kesulitan saat mereka ingin membungkuk dan bersandar. Selain otot di sekitar tulang belakang bisa mengalami kejang, menyebabkan kekakuan di bagian pinggang. Kombinasi rasa sakit disertai kejang bisa mengakibatkan pinggang tidak rata sehingga membuat postur tubuh berubah atau tidak seimbang.

Apa penyebabnya?


Pinggang dibiarkan sakit bisadisebabkan oleh beberapa kondisi. Paling sering karena gerakan mendadak atau postur tubuh tidak baik saat mengangkat benda berat, menyebabkan luka. Hal lain yang bisa menyebabkan rasa sakit di sebelah kiri, antara lain:

Siatika


Siatika disebabkan oleh penindasan saraf yang menghubungkan sumsum tulang belakang dan kaki orang tersebut. Hal ini bisa terjadi bila seseorang mengalami pergeseran pada cakram tulang belakang. Cakram tulang belakang adalah struktur tulang belakang yang berfungsi untuk merendam tekanan dan memudahkan pergerakan sendi tulang belakang. Salah satu karakteristik umum siatik adalah timbulnya sensasi kesemutan atau sensasi yang menyertai rasa sakit.

Spinosis spinal


Penyempitan tulang belakang yang menyebabkan sumsum tulang belakang tertekan disebut stenosis tulang belakang. Tekanan pada sumsum tulang belakang karena spinosis spinal dapat menyebabkan mati rasa, kram, dan kelemahan pada bagian tubuh, tergantung pada saraf mana yang mengalami depresi. Umumnya, gejala akan memburuk dengan berdiri dan berjalan. Penyebab utama stenosis spinal adalah degenerasi cakram tulang belakang.

Gangguan ginjal


Karena letaknya di daerah lumbal, kelainan ginjal juga bisa menjadi sumber rasa sakit ke kiri. Efek buruk dari gangguan organ ini akan dirasakan antara tulang rusuk bagian bawah dan panggul. Kerusakan ginjal apakah itu batu ginjal atau infeksi ginjal berpotensi menimbulkan rasa sakit di bagian pinggang.

Otot tegang


Aktivitas gerakan yang berlebihan atau tidak biasa bisa melenturkan. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung yang luar biasa, otot dan ligamen di bagian belakang bisa jadi tertarik, tegang dan bahkan robek. Gejala umum dari otot tegang adalah nyeri dan kekakuan di bagian pinggang. Beruntung, kondisi ini bisa diatasi sekali penderita melakukan terapi fisik dan istirahat cukup.

Pada wanita beberapa kondisi lain yang mungkin mempengaruhi munculnya nyeri di sisi kiri pinggang adalah kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan fibroid dalam rahimdan kehamilan.

Kunjungi Dokter


Meski dalam kebanyakan kasus rasa sakit bisa disembuhkan dengan sendirinya namun beberapa kasus memerlukan pemeriksaan dokter. Jika saat ini sakit punggung kiri disertai dengan susahnya mengendalikan buang air kecil dan buang air besar, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Hal yang sama harus dilakukan jika rasa sakit disertai kelumpuhan atau mati rasa di pinggang dan tungkai. Mengurangi massa otot dan kekuatan pada kedua kaki yang menyertai lumbago juga membutuhkan perhatian dari dokter.

Meski terlihat seperti sakit pinggang yang tertinggal adalah sepele, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika tertahankan dan / atau disertai gejala lainnya. Hal ini agar penanganan nyeri punggung bisa disesuaikan dengan akar penyebabnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon