Tuesday, February 14, 2017

Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Orang yang pecundang akan selalu menjadi pengecut selama dirinya tidak bisa menyikapi hal yang telah diperbuat. Dunia kehidupan mengajarkan bagaimana pelajaran dan hikmah yang semestinya ada pada diri manusia, bukan untuk menjatuhkan kepribadian namun untuk membentuk karakter pribadi yang lebih baik dan berpikir dewasa. 

Namun berdasarkan fakta umum, manusia lebih terkecoh dengan hati nurani yang tak punya bekal perasaan dengan ruang lingkup sekitar. Sehingga kebanyakan mereka lebih mengutamakan kehendak dirinya sendiri ketika melakukan sesuatu tanpa mempedulikan akibatnya. Bagaimana dengan Anda sendiri?

Apakah Anda punya etika? Apakah Anda punya hati nurani yang baik? Dan apakah Anda punya rasa kepedulian terhadap sesama? Mungkin tak sedikit Anda pernah mengabaikan hal-hal tersebut, namun Anda tidak menyadarinya. Perlu Anda ketahui bahwa perilaku Anda akan sangat menentukan karakter pribadi Anda, untuk itu perbaikilah prinsip yang Anda terapkan dalam perilaku Anda sehari-hari sebagai cerminan orang lain untuk mengenal Anda.

Dalam hal ini, apapun yang akan Anda kerjakan sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu mengenai apa saja yang mesti diperhatikan meski itu hanya aktifitas kecil, jangan sampai apa yang Anda lakukan justru membuat kerugian baik untuk Anda sendiri maupun orang lain. Apabila hal itu sudah terlanjur terjadi, hendaknya Anda harus bisa bersikap lebih dewasa untuk menanggapi hal tersebut dengan cara positif yaitu tanggung jawab.

Tunjukkan kebenaran pada diri Anda dan semua orang bahwa Anda bisa menjaga kepercayaan mereka dengan tanggung jawab, setidaknya Anda pernah mencoba untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat semuanya menjadi benar walaupun terkadang itu tidak bisa membuat permasalahan menjadi utuh seperti semula.

Tanggung Jawab Adalah Cerminan Diri Sendiri yang Bijaksana


Apakah Anda tahu? Tanggung jawab sangatlah besar manfaatnya untuk siapa saja yang memiliki peran aktif, bagaimanapun juga tanggung jawab harus disandang setiap orang termasuk Anda. Untuk menjaga identitas diri, dengan tanggung jawab Anda akan memperoleh kepercayaan dan hikmah positif ditengah-tengah banyak orang yang mempedulikan Anda. Dengan menerapkan prinsip tanggung jawab yang baik dalam kehidupan sehari hari Anda, bukannya Anda akan memperoleh sesuatu yang tidak Anda sukai, namun justru itu akan membuat pribadi Anda justru lebih penting di posisi manapun.

Sebagai contoh, Anda adalah salah satu bagian dari sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam berbagai bidang, dan kebetulan Anda baru saja membuat sebuah masalah, karena itu menyangkut perusahaan dan Anda takut, Anda bukannya bertanggung jawab justru malah mengabaikan dan menyembunyikan masalah tersebut. Semakin lama Anda menyembunyikannya, maka akan semakin lama pula masalah tersebut dapat teratasi, dan kemungkinan besar masalah tersebut justru akan meluas seperti menjalar dari satu bidang ke bidang lain.

Istilah ini juga sering disebut dengan berbohong, dimana seperti kita ketahui, perbuatan bohong sekecil apapun ujungnya tetap akan terbongkar. Apabila penyembunyian masalah tersebut diketahui dengan pihak perusahaan tanpa sepengetahuan Anda, tentu tidak akan ada lagi harapan bagi Anda untuk tetap bertahan di perusahaan tersebut. Lain hal dengan Anda bertanggung jawab atas kejadian masalah tersebut, tanpa lama Anda mengakuinya dan bertanggung jawab, tentu pihak perusahaan akan menilai bahwa Anda masih dapat diandalkan, bukankah begitu.

Jadi seperti pembahasan sebelumnya, banyak hal yang membutuhkan rasa tanggung jawab dalam aktifitas apapun agar mampu mempertahankan kebenaran.

Keyword : Tanggung jawab, contoh tanggung jawab, pengertian tanggung jawab, belajar tanggung jawab, membiasakan bertanggung jawab, tanggung jawab dalam Islam.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon